Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN JENIS DIET TINGGI LEMAK SEBAGAI MODEL INDUKSI PENINGKATAN KOLESTEROL PLASMA TIKUS PUTIH JANTAN GALUR WISTAR (Rattus novergicus)


ABSTRAK
Konsumsi diet tinggi lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Jenis diet tinggi lemak tersebut berasal dari bahan makanan seperti: kuning telur puyuh, otak sapi dan hati ayam. Penelitian untuk model induksi belum pernah ada sebelumnya karena kebanyakan menjelaskan efek suatu obat atau ekstrak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian tiga jenis diet tinggi lemak terhadap peningkatan kadar kolesterol plasma pada tikus putih jantan galur wistar.
Penelitian ini merupakan penelitian experimental laboratorium dengan pre dan post test design pada 28 ekor tikus putih galur wistar (rattus novergicus) yang dibagi menjadi 4 kelompok terdiri dari 1 kelompok kontrol dan 3 kelompok perlakuan tiap 100 mg diet yaitu kelompok kuning telur puyuh, otak sapi, dan hati ayam, juga ditambahkan propiltiurasil 0,01% yang diberikan selama 28 hari. Analisis kadar kolesterol total serum dengan metode CHOD/PAP. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t berpasangan dan one way anova pada SPSS 17.0.
Hasil analisis data menunjukan adanya perbedaan yang signifikan kadar kolesterol sebelum dan sesudah pemberian diet tinggi lemak pada tiap kelompok (p
037/FKU/2014
NONE
SKRIPSI 14
Indonesia
2014
Cimahi
LOADING LIST...
LOADING LIST...